-->
Motivasi Menulis

Tips Mempercepat Kehamilan



Kehadiran anak adalah dambaan untuk setiap pasangan suami istri. JIka anak tak kunjung hadir kadangkala menjadi problem tersendiri dalam keluarga. Salah satu sebab tak kunjung datangnya kehamilan adalah siklus menstruasi yang tidak teratur dan kualitas sperma yang tidak begitu baik. Jika masalah ketidak teraturan siklus ini terus dibiarkan, seorang perempuan bisa sulit hamil.

A. Pra saran untuk istri
Langkah pertama untuk mempercepat kehamilan adalah wanita perlu meningkatkan kesuburan. Seiring bertambahnya usia, kesuburan wanita dapat berkurang karena berbagai hal seperti : sel telur cepat mati, produksi cairan mulut rahim berkurang, masa ovulasi menjadi lebih pendek. Semua faktor ini berperan besar dalam kesuburan. Ada pertanyaan apakah siklus menstruari yang panjang tanda ketidaksuburan?
Siklus menstruasi yang lebih panjang dari normal 35 hari, berhubungan erat dengan unovulatory. Unovulatory adalah tidak adanya sel telur yang dihasilkan oleh indung telur. Sedangkan siklus menstruasi yang panjang dan tidak teratur bisa disebabkan banyak hal antara lain kista ovarium. Jika mengalaminya periksa ke dokter. Kista dapat menghilang sendiri,. Namun ada yang membesar dan berkembang. Kista seperti ini yang harus diwaspadai. penderita biasanya haidnya tidak teratur dan sulit hamil.

Yang perlu diperhatikan istri yang ingin segera hamil :
1. Menghentikan penggunaan alat kontrasepsi pastinya.
2. Memperhatikan hari subur dengan sungguh-sungguh.
Istri perlu mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan masa suburnya. Ibarat bercocok tanam, masa subur akan meningkatkan hasilnya. Masa subur wanita sekitar 3 hari sebelum dan sesudah ovulasi. Metode kalender cara yang sangat praktis untuk mengetahui masa subur wanita.
3. Mengukur kapan terjadinya ovulasi dengan menggunakan alat tes ovulasi 3 bulan berturut-turut.
4. Mengusahakan berat badan ideal. Tidak terlalu gemuk atau kurus
5. Menunda sementara waktu perjalanan jauh dan aktifitas fisik yang melelahkan yang membuat stamina menurun
6.Jangan langsung bangun dan mencuci alat kelamin setelah berhububungan, tunggu 30 menit
7.Menjaga kebersihan tubuh dan organ reproduksi
8.Jauhi asap dan racun rokok.
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, segera konsultasi ke dokter jika anda :
- wanita lebih dari 35 tahun
- wanita yang pernah keguguran dua kali atau lebih
- siklus menstruasi tidak teratur, atau haid 3 bulan sekali atau lebih
- pernah aborsi
- pernah ber KB

B. Pra saran untuk suami 
- Meningkatkan kualitas perma
Dalam tubuh suami yang sehat akan dihasilkan sperma yang baik. Sperma harus menuju ke tempat yang tepat ke dalam vagina wanita dan rahim. Jika selamat sampai di sana harus cukup kuat untuk berenang ke pembuluh telur untuk bertemu dengan telur. Sperma yang sehat adalah bentuk sempurna,
lincah dan bergerak cepat. Anda membutuhkan paling tidak 20 juta sperma per mililmeter dari air mani yang keluar saat ejakulasi.
Jika gerakan sperma pelan atau bentuknya tidak lengkap atau berenang ke arah yang salah maka terjadi kesulitam atau kegagalan pembuahan.
Volume air mani saat ejakulasi yang normal adalah 2-5 ml

Faktor yang mempengaruhi kesuburan sperma
- Pelebaran pembuluh darah balik di sekitar buah zakar {varikokel}
- Penyakit seperti kencing manis {doiabetes melitus}
- Infeksi pada masa remaja : gondongan, mums
- Faktor lingkungan { radiasi, medan listrik, panas}
- Obat-obatan tertentu, ketegangan emosi, stres
- Kerusakan testis
- Buah zakar tidak turun ke tempat seharusnya {kriptorkidismus}
- Kelainan hormonal

- Cukup istirahat dan hindari stres
Makan dengan makanan sehat, pola makan yang teratur, istirahat cukup akan membantu produksi dan peningkatan kualitas sperma

- Suhu yang sejuk
Suhu testis yang sejuk membantu memproduksi spema yang sehat. Idealnya lebih dingin dari suhu normal tubuh. Itulah hikamah kenapa buah zakar yang didalamnya ada testis diciptakan menggantung diluar tubuh pria. Hindari mandi uap atau berendam air panas untuk memaksimalkan kuantitas dan kualitas sperma.

- Kurangi konsumsi obat
Hampir tiap obat punya efek samping. Banyak obat yang dapat melewati plasenta, sehingga dikhawatirkan efek sampingnya akan mengganggu kesuburan, proses kehamilan, kesehatan rahim atau kesehatan janin. Yang jadi korban seringkali janin. Alkohol juga berpengaruh buruk pada kualitas dan kuantitas sperma. Alkohol mengurangi produksi testosteron dan mempunyai kontribusi pada disfungsi ereksi. Beberapa resep obat penyembuhan suatu penyakit bisa berefek memperlambat produksi sperma. Kemoterapi atau terapi radiasi dapat menyebabkan ketidak suburan secara permanen. Jika anda harus menjalani prosedur ini, konsultasikan dengan dokter. Penyalahgunaan obat bius juga berpengaruh pada gerakan sperma serta menambah jumlah sperma yang abnormal

Ringkasnya untuk mendapatkan kehamilan,
pria disarankan untuk meningkatkan kesuburan spermanya dengan cara :
- Menjauhkan diri dari lingkungan yang tidak sehat, seperti radiasi dan bahan-bahan kimia
- Menjaga kebersihan dan kesehatan organ reproduksi
- Menjaga berat badan, jangan kegemukan atau terlalu kurus.

C. Saran untuk pasangan :
Bagi pasangan disarankan untuk melakukan hubungan seks 3-4 kali seminggu selama masa subur. Hubungan seks yang terlalu sering akan menyebabkan jumlah dan kualitas sperma berkurang. Sebaliknya hunungan seks yang terlalau jarang akan menyebabkan sel sperma terlalu matang dan mati,sehingga kemampuan untuk melakukan pembuahan menurun. Faktor lain adalah usia dan kesehatan pasutri
Secara ringkas kepada pasangan disarankan sbb :
- Berhubungan seksual secara rutin
- Atur jadual senggama pada masa subur. Akan tetapi jangan lah hubungan seks dijadikan beban karena ingin hamil
- Atur pola makan sehat. Makan bergizi dan seimbang. Minum 6 gelas sehari untuk membantu kelancaran metabolisme
- HIndari stres karena pekerjaan atau karena masalah kesuburan itu sendiri. Jalan-jalan berdua atau bulan madu bisa dicoba
- Lakukan penetrasi yang benar, yaitu seluruh penih masuk ke vagina
- Hindari penggunaan obat. Obat bisa mempengaruhi volume cairan mani dan suasana lendir mulut rahim
- Hidup sehat, tidak terlalu lelah
- Bila tak kunjung hamil periksa dokter

Segera konsultasi dokter jika pasangan pernah mengalami penyakit infeksi, seperti gonore, sifilis, TB, gondongan dan pangguan pernapasan. Pasangan yang tidak subur disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui sebab utamanya. Kasus infertilitas atau ketidaksuburan melibatkan banyak faktor.

Labels: kesehatan

Thanks for reading Tips Mempercepat Kehamilan. Please share...!

0 Komentar untuk "Tips Mempercepat Kehamilan"

Back To Top