-->
Motivasi Menulis

Kronologi Patah Hati

Holla, lama tak berjumpa. Sempat vakum karna kesibukan yang diada-ada dan juga focus ama proyek cerbung Cinta Tanpa Judul, yang rencananya mau gua jadiin buku. Buat kalian yang mau baca cerbungnya bisa diliat disini *ciie promosi*.

nemu gambar di : cdn.ciricara.com

Oke, untuk kali ini gua sedikit berpaling dari proyek dan kembali ke habitat gua sebagai pengamat fenomena social yang terjadi dalam kehidupan remaja, terutama kehidupan cintanya. Dan yang akan jadi focus gua adalah masalah patah hati.

Hmm, diabad 21 ini, siapa sih yang gak pernah ngalamin yang namanya patah hati. Terus terang gua aja bisa dibilang uda ngalamin 1001 jenis patah hati, kurang tragis apa coba. Yang kita tau, patah hati biasanya diakibatkan rasa cinta kita kepada seseorang, ya cinta emang kadang bikin sakit, namun cinta pula yang nantinya akan menyembuhkan, *ciie sok bijak*. Cinta emang jadi penyebab utama munculnya patah hati, lalu gimana sih kronologinya dari awal cinta itu muncul dan berakhir dengan patah hati. Nah disini gua akan ngembahasa tentang kronologi patah hati. Oke langsung menuju TKP.

Cinta, bagi cowok cinta itu muncul setelah pandangan pertama sedangkan bagi cewek cinta itu muncul pada percakapan pertama, intinya adalah kesan pertamalah yang bisa bikin kita cinta pada orang tersebut, dan itu artinya saat perkenalan itulah yang akan menentukan nasib kedepannya.

Dalam perkenalan, ada beberapa hal nih yg sering dilakuin, yg jelas ini adalah yg uda pernah gua lakuin. Yang pertama, jika kita mau kenalan dengan temen cewek yg sekelas ama kita pastinya akan lebih gampang, beda kalo kita mau kenalan ama cewek yg kita kenal dipinggir jalan (eh, emangnya cewek kayak apa yg kita temuin dipinggir jalan ?), emm gua ganti aja deh, misalnya mau kenal sama cewek yg kita temuin di café, ingat tinggalkan kesan pertama yg baik. Dan yg biasanya omongan yg pertama keluar adalah

“kursinya kosong mbak (sambil nunjuk ke kursi yang ada didepan mbaknya) ?, boleh saya duduk disini ?”
                                    Atau
“sendiri aja mbak ? boleh saya nemenin ?”

Walaupun pertanyaan tersebut terkesan sangat general, tapi itu masih bisa digunakan untuk sekedar basa basi untuk melihat responnya ke kalian. Semoga aja respon yg kalian dapet gak seperti respon yg gua dapet beberapa taun silam.

Gua     : kursinya kosong mbak ? (padahal tadinya gak ada kursi disitu, tapi sengaja gua tarik kursi yg ada disekitar situ), boleh saya duduk disini ?
Cewek : emm, maaf mas kursinya mau saya pakai buat naruh tas saya
Gua     : kan tasnya bisa ditaruh disamping mbak aja
Cewek : maaf mas, saya gak suka ada barang2 yang menggangu disamping saya.

Jika kalian menemukan respon yg seperti itu, segera basuh muka kalian dengan air zamzam, mungkin kalian uda kotor. Dan semoga juga gak mendapat respon seperti ini

Gua     : sendiri aja mbak ? boleh saya nemenin ?
Cewek ; maaf mas saya lagi nunggu seseorang
Gua     : nunggu pacar ya mbak ?
Cewek : bukan mas,saya lagi nunggu jodoh
Gua     : emm, ya siapa tau jodoh mbak itu saya
Cewek : gak mungkin banget deh kayaknya, *dengan mata melihat dari ujung kaki sampai ujung rambut gua*

Jika kalian berada dalam kondisi itu, segera jauhi benda tajam dan benda mematikan lainnya. Dan jika kalian sukses melalui zona basa basi, berikutnya adalah kalian harus sukses melalui zona barter, dalam hal ini yg kalian bisa saling barter adalah nomor hp, pin bb atau sejenisnya.

Untuk melalui zona barter, kalian gak mesti melalui zona basa basi, hal itu tergantung seberapa gentle dan dimana kalian berada. Gua ambil contoh saat gua lagi ke konter, nah disana gua ketemu cewek yg saat itu juga mau ngisi pulsa dan menurut gua lumayan cakep dan yg pasti kakinya gak melayang. Berhubung gua saat itu gak punya mental baja, jadinya gua nungguin cewek tadi selesai ngisi pulsa sebelum gua ambil langkah selanjutnya yaitu ngapalin nomer yg tu cewek catet dibuku konter.

Tapi, bagi cowok yg emang punya nyali, tukeran nomer HP gak jadi sesuatu yg susah. Ada cara lain lagi yg pernah gua pakai, yaitu gua minjem HP ceweknya dengan alasan mau miscall HP gua yang pura-puranya gua lupa naro dimana. Mungkin kalian punya cara tersendiri untuk melalui zona ini.

Oke, sukses melalui zona barter, kalian akan masuk zona yang akan menentukan nasib kalian kedepannya. Karna disini kalian akan mencoba menghubunginya, mulai menanyakan keadaannya dan mengajaknya ketemuan lagi. Mungkin bagi yang sudah punya jam terbang tinggi dalam menghadapi hal ini, tak akan terasa berat dalam memulainya, namun bagi amatiran kayak gua, gua butuh suatu modus untuk memulainya, dan gua yakin modus yang gua pakai ini juga dipakai oleh sebagian besar penduduk dunia ini, yaitu modus “salah kirim”.

Gua     : eh, tugas yg kemarin tu apa si ?
Cewek : tugas apa ya ? kayaknya kamu salah kirim ya ?
Gua     : eh, maaf tadi aku mau ngirim ke temen aku
Cewek : iya gak pa pa,
Gua     : hmm, btw kamu lagi ngapain ni ?
            …dan seterusnya…

Nah itu lah modus yang selalu gua pakai hingga usia gua kini. Keliatan jadul emang,namun terbukti masih ampuh untuk melalui “first time conversation”.

Ada sebuah pertanyaan yang selalu ditanyakan diawal-awal kalian sms, yaitu “emangnya pacar kamu gak marah ni kalo kita smsan ?”. nah, jawaban dari pertanyaan itu la yang akan menentukan siasat dan strategi yang harus kalian ambil untuk mendekati dia.

Kalo misalnya si dia jawab “aku belum punya pacar ko’”, nah si cowok pasti bilang kayak gini “ahh masak cewek secantik kamu lum punya pacar”. Dan kalo ternyata cewek jawab dia uda punya pacar, jawaban balesan dari cowok biasanya “kita bisa tetap jadi temen kan ?”.

Setelah beberapa hari atau minggu smsan, biasanya salah satu dari kalian akan mulai curhat tentang hal-hal sedih dengan mantan-mantan mereka. Jika dalam hal ini cewek yang curhat tentang hal-hal sedih dengan mantannya, si cowok pasti bakalan ngomong “sabar ya, kamu nanti pasti bakalan dapet yang lebih baik dari dia, (dalam hatinya ngomong : contohnya aku”). Sedangkan jika cowok yang curhat, hal itu digunakan untuk memancing simpati dari cewek yang memang terlalu menggunakan perasaannya.

Nah, langkah kalian selama proses PDKT ini lah yang harus kalian pikirkan dengan baik. Jangan sampai kalian terjerembab dalam beberapa zona menyakitkan. Dan ini adalah beberapa zona menyakitkan yang berhasil gua rangkum dari pengalaman gua pribadi dan juga temen-temen gua.

1.      Friendzone                        : zona dimana lo Cuma dianggap teman, gak lebih
2.      Familyzone            : zona dimana lo Cuma dianggap kakak/adek doank, gak lebih
3.      Driverzone                        : zona dimana lo Cuma sekedar untuk antar jemput doank
4.      Postmanzone         : zona dimana lo Cuma dimanfaatin dia buat ngirim salam ketemen lo yang dia suka,
5.      Smartzone             : zona dimana lo Cuma dimanfaatin dia buat bikini dia tugas
6.      Ciyezone               : zona dimana lo jadi bahan cie-ciean dari temen-temen karna uda sering jalan bareng tapi gak pernah jadian
7.      PHPzone               : zona dimana lo terus diberikan harapan yang tinggi tapi malah dijatuhkan pada akhirnya

Jika kalian berhasil lepas dari zona diatas dengan menyatakan cinta kepadanya dan dia menerimanya, maka congratulation !.

Hari demi hari akan berjalan dengan indah diawal, hingga pada akhirnya kalian mulai masuk pada titik jenuh. Masa ini gua yakin pasti dialami oleh setiap pasangan. Tinggal bagaimana kalian bersikap dewasa dalam menangani hal ini. Mungkin benar apa yang dikatakan oleh bang Raditya Dika, kalo cinta itu bisa saja kadaluarsa, namun bukan berarti gak bisa didaur ulang lagi menjadi sesuatu yang lebih indah lagi.

Jika kalian gagal mengahadapi titik jenuh, maka say good bye aja deh buat hubungan kalian. Jika suduh putus, semua yang diucapkan diawal kisah asmara akan berbalik 180 derajat. Diawal kalian mungkin pernah mengatakan “kita emang bener2 cocok ya, aku ngerasa nyaman sama kamu”, hingga akhirnya berubah menjadi “dari awal aku uda nyangka kita emang gak punya kecocokan”. Atau mungkin kalian pernah mengatakan “kamu juga suka itu ya, wah kita samaan terus ya, kita pasti emang jodoh” hingga akhirnya berubah jadi “kamu uda beda, kita uda gak sejalan lagi, hubungan kita emang harus diakhiri”.

Jika ada yang mengatakan perbedaan menjadi alasan kalian putus, maka dia belum mengeri visi dan misi cinta diturunkan kedunia ini yaitu untuk menyatukan segala bentuk perbedaan. Kalo sudah pada tahap “END ZONE”, yang tersisa hanyalah patah hati. Dan inti dari panjangnya tulisan gua ini adalah patah hati berasal dari sebuah perkenalan. Seperti pepatah mengatakan “bukan perpisahan yang kutangisi, namun pertemuan yang kusesali”.





Labels: goresanku

Thanks for reading Kronologi Patah Hati. Please share...!

0 Komentar untuk "Kronologi Patah Hati"

Back To Top